Pendidikan sangat erat kaitannya dengan Teknologi. Contohnya saja,
Internet yang mudah diakses kapanpun dimanapun dengan memberikan segudang
pengetahuan dan ilmu penting yang berguna bagi banyak orang. Dibalik itu juga,
Teknologi yang memudahkan dan menjadi sumber informasi teryata juga bisa
disalahgunakan maupun memanjakan pemakai dan penggunanya. Kita bayangkan
sebelum kita mengenal komputer, atau sekarang masih ada sebagian diantara kita
yang belajarnya belum dibantu oleh komputer. Semuanya dilakukan secara sendiri,
tentu memakan biaya dan waktu. Coba hitung saja biaya dan waktu yang kita
habiskan saat kita mengikuti pelajaran resmi dari bangku paling dasar sampai
kuliah bahkan sampai kepada training perusahaan. Namun penyalahgunaan teknologi
seperti misalnya saja, kemudahan cybercrime
seperti pembobolan kartu kredit, hacker,penipuan
berbasis teknologi yang juga pernah kita kenal kasusnya “mama-pulsa”, bahkan
sampai ke kasus serius seperti kemudahan dalam mengakses video porno yang
diteliti penggunanya adalah anak-anak dibawah 18 tahun.
Sejumlah
penelitian yang telah dilakukan, manfaat teknologi memberikan dampak
positif-negatif.
Dampak
positif yang bisa langsung terlihat yaitu:
1. Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan
dipergunakan untuk mempermudah pelajar dalam mendapatkan informasi yang dia
butuhkan.
2. Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan
dapat membantu meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses belajar dan
mengajar. Contohnya media sosial ataupun seluler untuk membantu komunikasi
guru/dosen dan siswa.
3. Sebagai pendobrak jarak
yang ada dalam Global. Contohnya komunikasi, informasi dan ilmu pengetahuan
yang membuka cara pandang atau perspektif.
4. Memberikan para pengajar
kemudahan dalam penyampaian informasi. Contohnya, proyektor, televisi maupun
bidang lain dalam komunikasi.
5. Besarnya minat konsumen
terhadap teknologi membuat segala sesuatu diwajibkan untuk memakai teknologi
yang terkait.
6. Teknologi dapat memberi
kemudahan pada pengajar agar dapat membuat kelas menjadi menarik dengan memberikan
materi yang berkreasi.
7. Pengajar dapat memberikan
evaluasi mengenai efektivitas game instruksional
dan dapat mengajari murid dalam menggunakan alat komunikasi seperti komputer.
Dampak Negatif yang bisa kita rasakan
dengan pesatnya perkembangan teknologi yaitu
1. Bermain game saat guru
menjelaskan pelajaran merupakan bukti nyata bahwa HP mudah mengalihkan perhatian
peserta didik terhadap pelajaran.
2. Mengganggu Perkembangan Anak : Fitur-fitur yang tersedia di HP seperti : kamera, games, gambar, dan fasilitas yang lain.
2. Mengganggu Perkembangan Anak : Fitur-fitur yang tersedia di HP seperti : kamera, games, gambar, dan fasilitas yang lain.
3. Efek radiasi; Selain
berbagai kontroversi seputar dampak negatif penggunaannya, penggunaan teknologi
juga berakibat buruk bagi kesehatan dan perkembangan anak. Aktifitas bermain
dan berolah raga digantikan dengan aktifitas browsing dan video game.
4. Rawan terhadap tindak
kejahatan. Contohnya Cybercrime atau
berbagai aplikasi yang dapat memancing kejahatan contohnya twitter. Jika kita tidak berhati-hati dalam membuat status di
twitter, orang-orang yang mengunjungi account
kita dapat mengetahui apa yang sedang kita lakukan maupun tempat kita berada.
5. Kemudahan penggunaan teknologi
yang berkembang pesat ini juga dapat mengurangi aktivitas dan kreativitas anak
dalam proses perkembangannya karena dengan mudahnya mengakses internet ataupun
aplikasi lainnya, anak menjadi malas dalam melakukan sesuatu dan hanya ingin
hal yang praktis.
Meskipun banyak manfaat
dari perkembangan teknologi di dunia ini, kita harus dapat mempertimbangkan apa
yang baik untuk digunakan dan apa yang masih perlu dievaluasi penggunaannya
karena banyak juga dampak negatif dalam perkembangan teknologi yang dapat
memengaruhi psikologis anak maupun orang dewasa yang diberi kebebasan dalam menggunakan
teknologi seperti mengurangi kreativitas dan mengurangi aktivitas yang dapat
memengaruhi kesehatan penggunanya.
No comments:
Post a Comment