Wednesday, March 12, 2014

Psikologi Pendidikan dan Teknologi

Pendidikan sangat erat kaitannya dengan Teknologi. Contohnya saja, Internet yang mudah diakses kapanpun dimanapun dengan memberikan segudang pengetahuan dan ilmu penting yang berguna bagi banyak orang. Dibalik itu juga, Teknologi yang memudahkan dan menjadi sumber informasi teryata juga bisa disalahgunakan maupun memanjakan pemakai dan penggunanya. Kita bayangkan sebelum kita mengenal komputer, atau sekarang masih ada sebagian diantara kita yang belajarnya belum dibantu oleh komputer. Semuanya dilakukan secara sendiri, tentu memakan biaya dan waktu. Coba hitung saja biaya dan waktu yang kita habiskan saat kita mengikuti pelajaran resmi dari bangku paling dasar sampai kuliah bahkan sampai kepada training perusahaan. Namun penyalahgunaan teknologi seperti misalnya saja, kemudahan cybercrime seperti pembobolan kartu kredit, hacker,penipuan berbasis teknologi yang juga pernah kita kenal kasusnya “mama-pulsa”, bahkan sampai ke kasus serius seperti kemudahan dalam mengakses video porno yang diteliti penggunanya adalah anak-anak dibawah 18 tahun.
Sejumlah penelitian yang telah dilakukan, manfaat teknologi memberikan dampak positif-negatif.
Dampak positif yang bisa langsung terlihat yaitu:
1.       Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dipergunakan untuk mempermudah pelajar dalam mendapatkan informasi yang dia butuhkan.
2.       Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan dapat membantu meningkatkan efektifitas serta efisiensi proses belajar dan mengajar. Contohnya media sosial ataupun seluler untuk membantu komunikasi guru/dosen dan siswa.
3.       Sebagai pendobrak jarak yang ada dalam Global. Contohnya komunikasi, informasi dan ilmu pengetahuan yang membuka cara pandang atau perspektif.
4.       Memberikan para pengajar kemudahan dalam penyampaian informasi. Contohnya, proyektor, televisi maupun bidang lain dalam komunikasi.
5.       Besarnya minat konsumen terhadap teknologi membuat segala sesuatu diwajibkan untuk memakai teknologi yang terkait.
6.       Teknologi dapat memberi kemudahan pada pengajar agar dapat membuat kelas menjadi menarik dengan memberikan materi yang berkreasi.
7.       Pengajar dapat memberikan evaluasi mengenai efektivitas game instruksional dan dapat mengajari murid dalam menggunakan alat komunikasi seperti komputer.
Dampak Negatif yang bisa kita rasakan dengan pesatnya perkembangan teknologi yaitu
1.       Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran merupakan bukti nyata bahwa HP mudah mengalihkan perhatian peserta didik terhadap pelajaran.
2.       Mengganggu Perkembangan Anak : Fitur-fitur yang tersedia di HP seperti : kamera, games, gambar, dan fasilitas yang lain.
3.       Efek radiasi; Selain berbagai kontroversi seputar dampak negatif penggunaannya, penggunaan teknologi juga berakibat buruk bagi kesehatan dan perkembangan anak. Aktifitas bermain dan berolah raga digantikan dengan aktifitas browsing dan video game.
4.       Rawan terhadap tindak kejahatan. Contohnya Cybercrime atau berbagai aplikasi yang dapat memancing kejahatan contohnya twitter. Jika kita tidak berhati-hati dalam membuat status di twitter, orang-orang yang mengunjungi account kita dapat mengetahui apa yang sedang kita lakukan maupun tempat kita berada.
5.       Kemudahan penggunaan teknologi yang berkembang pesat ini juga dapat mengurangi aktivitas dan kreativitas anak dalam proses perkembangannya karena dengan mudahnya mengakses internet ataupun aplikasi lainnya, anak menjadi malas dalam melakukan sesuatu dan hanya ingin hal yang praktis.
          Meskipun banyak manfaat dari perkembangan teknologi di dunia ini, kita harus dapat mempertimbangkan apa yang baik untuk digunakan dan apa yang masih perlu dievaluasi penggunaannya karena banyak juga dampak negatif dalam perkembangan teknologi yang dapat memengaruhi psikologis anak maupun orang dewasa yang diberi kebebasan dalam menggunakan teknologi seperti mengurangi kreativitas dan mengurangi aktivitas yang dapat memengaruhi kesehatan penggunanya.


No comments:

Post a Comment